Screen

Profile

Direction

Menu Style

Cpanel

Selasa,16 September 2014

Ekonomi Industri Jalin Sinergi Antar BUMN

Jalin Sinergi Antar BUMN

Gresik - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara resmi menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara X (Persero). Kerja sama ini merupakan bagian dari sinergi BUMN yang saat ini sedang digalakkan oleh Kementerian BUMN.

 

 

Dengan PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X), Semen Indonesia bersinergi dalam hal penggunaan lahan. Lahan nonproduktif milik Semen Indonesia seluas 199 hektar di Kabupaten Bangkalan, akan dimanfaatkan oleh PTPN X untuk lahan penanaman tebu yang nantinya diolah menjadi gula, seiring rencana PTPN X membangun pabrik gula di Madura. Tambahan lahan penanaman tebu di Pulau Madura tersebut sangat penting, artinya bagi upaya menopang perwujudan ketahanan pangan, terutama dalam hal peningkatan produktivitas industri gula.

Penambahan lahan tanam tebu tersebut juga penting mengingat sulitnya melakukan ekstensifikasi lahan di Pulau Jawa. Pulau Madura menjadi alternatif pengembangan industrialisasi tebu. “Kami berharap lahan milik Semen Indonesia tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal untuk menambah lahan penanaman tebu di Pulau Madura. Penambahan lahan ini penting karena bisa meningkatkan produksi tebu yang bisa diolah menjadi gula. Kami bangga bisa ikut berkontribusi menopang perwujudan ketahanan pangan yang menjadi cita-cita bersama,” ujar  Dwi Soetjipto, Direktur Utama PT Semen Indonesia.

Adapun dengan PT Pos Indonesia, Semen Indonesia bekerja sama dalam hal layanan pengiriman surat atau dokumen dan barang. Semua kepentingan jasa pengiriman di lingkungan Grup Semen Indonesia akan dilayani oleh PT Pos. Sebenarnya kerja sama antara PT Pos dengan Semen Indonesia sudah berlangsung sejak lama, dalam bentuk pengiriman surat atau dokumen tersebut.

“Ke depan dengan berdirinya anak perusahaan yang kami beri nama PT Pos Logistik Indonesia, kami siap untuk melakukan pengiriman semen ke pelosok daerah,” kata DR. I Ketut Mardjana, Dirut PT Pos Indonesia.

Dirinya menambahkan, PT Pos juga sudah menyiapkan armada yang sangat lengkap, mulai dari motor, mobil boks, truk, kapal laut hingga pesawat terbang. Sarana transportasi tersebut dipenuhi, untuk menjangkau daerah-daerah yang terpencil, Sehingga kebutuhan semen di setiap daerah yang ada di Indonesia dapat terpenuhi.

PT Pos Indonesia juga melakukan pendekatan dengan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) untuk pengoperasian pesawat kargo untuk pengiriman di Indonesia Timur. Bahkan tidak menuntut kemungkinan, pihaknya juga akan bernegosiasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). “Nantinya bakal ada pesawat cargo orange,” imbuhnya.    

Mardjana menjelaskan, selama Januari hingga Mei 2013 PT Pos Indonesia telah mengantongi omset sebesar Rp 2 miliar dari jasa pengiriman. Pada tahun 2013, perusahaannya menargetkan omset Rp 20 miliar.

Saat ini, Semen Indonesia mempunyai 13.000 mitra binaan UMKM, supaya tidak kesulitan dalam pengucuran pembiayaan ke UMKM binaanya, terutama yang berada di daerah terpencil. Maka Semen Indonesia memanfaatkan jaringan PT Pos yang tersebar hingga ke pelosok desa. Karena PT Pos mempunyai 4000 kantor pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya itu, sehingga Semen Indonesia tak perlu lagi susah-susah untuk mendirikan kantor baru di daerah terpencil tersebut.

“Terutama untuk UMKM yang tinggal di pelosok, cukup mengambil kucuran pinjaman modal melalui PT Pos, tidak perlu ke kantor kami. Semen Indonesia juga akan mengoptimalkan jaringan PT Pos untuk memaksimalkan promosi serta pemasaran,” papar Dwi. Ditambahkan, Selama ini layanan biaya untuk kebutuhan pengiriman logistik PT Semen Indonesia yang dikirim oleh PT Pos Indonesia mencapai Rp 1,5 triliun per tahunnya.

Dwi berharap sinergi Semen Indonesia dengan dua BUMN tersebut bisa menghasilkan nilai tambah yang optimal bagi bisnis BUMN sendiri maupun bagi perekonomian masyarakat secara umum. Dalam hal sinergi dengan PTPN X, misalnya, nilai tambah bisa dirasakan petani di Madura. Adapun sinergi dengan PT Pos akan menghasilkan nilai tambah bagi UMKM-UMKM yang memanfaatkan jaringan PT Pos untuk mengambil pinjaman modal dari Semen Indonesia, sehingga menghemat waktu dan biaya.

“Ke depan, sinergi BUMN ini akan terus kami tingkatkan agar semua sumberdaya di masing-masing BUMN bisa dikerjasamakan untuk memberi manfaat maksimal bagi perekonomian masyarakat. Ujung-ujungnya adalah penciptaan lapangan kerja baru dan pengentasan kemiskinan,” kata Dwi.bbs

 

Artikel Terkait
leftRedaksi/Iklan : Jl. Cipta Menanggal VI/7 Surabaya Telepon: 031- 828 1712, Fax 031-827 0385  Email : Media@global-energi.com

Newsletter